PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan ilmu
dan teknologi merupakan salah satu produk dari manusia yang terdidik, dan pada
giliranya manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil manfaat
dan bukan menjadi korban dari perkembangan ilmu dan teknologi sendiri. Pendidikan sebagai suatu ilmu teknologi tidak
luput dari gejala perkembangan itu. Kalau semula orang tua yang bertindak
sebagai pendidik kemudian kita kenal profesi guru yang diberi tanggung jawab
pendidik. Sekarang ini secara konseptual maupun secara legal telah dikenal dan
ditentukan sejumlah keahlian khusus jabatan dan atau profesi yang termasuk dalam
kategori tenaga kependidikan.
Teknologi pendidikan
sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan, baik proses pembelajarannya maupun
dalam penyusunan kurikulum, apalagi dalam membangun sarana dan prasarana
pendidikan yang memadai sehingga tujuan pendidikan itu sendiri dapat mudah
terlaksanakan. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas tentang
pentingnya teknologi pendidikan. Sehingga kita mampu dengan kreatif
mengembangkan teknologinya untuk menjadikan pendidikan itu mudah, efektif dan
efisien dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang hebat.
B. TUJUAN
Untuk mengetahui tentang pentingnya teknologi pendidikan dan
bagaimana penerapannya dalam dunia kependidikan.
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Teknologi
Pendidikan
Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu technologis. Technie berarti seni, keahlian atau sains dan logos yang berarti ilmu. Teknologi menurut Gaibraith dapat diartikan sebagai penerapan sistematik dari pengetahuan ilmiah atau terorganisasikan dalam hal-hal yang praktis. Sedang dalam arti luas menurut Association for Educational Communication and Technology (AECT) adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari problem solving, melaksanakan evaluasi dan mengelola pemacahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.
Dilain pihak ada
pendapat bahwa teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan
penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan
meningkatkan proses belajar manusia. Di sini diutamakan proses belajar itu
sendiri di samping alat-alat yang dapat membantu proses belajar itu.
Dengan demikian
secara umum teknologi pendidikan diartikan sebagai media yang lahir dari
revolusi teknologi komunikasi yang dapat digunakan untuk tujuan-tujuan
pengajaran disamping guru, buku, ide, peralatan dan organisasi yang dikaji
secara sistematis, logis dan ilmiah. Pengertian ini mengandung asumsi bahwa
sebenarnya media teknologi tertentu tidak secara khusus dibuat untuk teknologi
yang dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan pendidikan.
B. Pentingnya Teknologi Pendidikan
Peran teknologi
pendidikan Teknologi Pendidikan sangat bermanfaat bagi manusia dalam
pendidikan. Dalam teknologi pendidikan akan melibatkan prosedur, ide, peralatan
dan organisme untuk menganalisis masalah pendidikan, mencari problem solving,
melaksanakan evaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua
aspek pembelajaran dalam pendidikan.
Teknologi secara
umum mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut :
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalis
(tertulis dan lisan).
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3. Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan variasi
dapat diatasi sikap pasif peserta didik, kurikulum dan materi pendidikan.
C. Aplikasi Teknologi Pendidikan
Hasil penelitian
secara nyata membuktikan bahwa penggunaan alat bantu sangat membantu aktivitas
proses belajar mengajar di kelas, terutama peningkatan prestasi belajar siswa
atau mahasiswa. Keterbatasan media teknologi pendidikan disatu pihak dan
lemahnya kemampuan dosen atau guru menciptakan media tersebut di sisi lain
membuat penerapan metode ceramah makin menjamur. Kondisi ini jauh dari
menguntungkan. Terbatasnya alat-alat teknologi pendidikan yang dipakai di kelas
diduga merupakan salah satu sebab lemahnya mutu studi pelajar atau masyarakat
pada umumnya.
Sejalan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, teknologi komunikasi mengalami
kemajuan yang sangat pesat dan untuk selanjutnya berpengaruh terhadap pola
komunikasi dimasyarakat. Dibuatnya instrumen teknologi komunikasi seperti
satelit, TV, radio, video, tape, computer dan smartphone memberi arti
tersendiri bagi proses komunikasi antar manusia. Seperti halnya teknologi pada
umumnya, teknologi komunikasi tidak mengenal batas-batas wilayah, ideologi,
agama, dan suku bangsa, teknologi telah mengurangi secara drastis jarak dalam
waktu dan ruang.
Aplikasi teknologi
pendidikan sangat relevan bagi pengelolaan pendidikan pada umumnya dan kegiatan
belajar mengajar pada khususnya. Aplikasi yang dimaksud yaitu:
a. Teknologi pendidikan memungkinkan adanya perubahan kurikulum
baik strategi, pengembangan maupun aplikasinya. Teknologi pendidikan mempunyai
fungsi luas, tidak hanya terbatas pada kebutuhan kegiatan belajar mengajar di
kelas melainkan dapat berfungsi sebagai masukan bagi pembinaan dan pengembangan
kurikulum yang dikaji secara ilmiah, logis, sistematis dan rasional sesuai
dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi.
b. Teknologi pendidikan menghilangkan kalaupun tidak secara
keseluruhan pola pengajaran tradisional. Ia berperan penuh dalam pelaksanaan
proses belajar mengajar, meskipun sebenarnya dia tidak dapat menggantikan
posisi guru secara mutlak. Guru mempunyai kemampuan yang terbatas dan dengan
teknologi pendidikan keterbatasan itu dapat diatasi.
c. Teknologi pendidikan membuat pengertian kegiatan belajar menjadi
luas, lebih dari hanya sekedar interaksi guru dengan murid di dalam ruang dan
waktu yang sangat terbatas. Teknologi pendidikan dapat dianggap sebagai sumber
belajar dan biasanya memberikan rangsangan positif dalam proses pendidikan.
d. Aplikasi teknologi pendidikan dapat membuat peranan guru
berkurang, meskipun teknologi pendidikan tidak mampu menggantikan guru secara
penuh.
e. Teknologi pendidikan adalah teknologi pendidikan dan guru adalah
guru. Meskipun demikian bagi guru dan
murid, teknologi pendidikan memberikan sumbangan yang sangat positif.
D. Analisis Teknologi Pendidikan
Merupakan suatu cara
mengajar dengan menggunakan skill atau keahlian yang dimiliki oleh seorang guru
agar dalam proses pembelajaran bisa diterima oleh para peserta didiknya
sehingga bisa mencapai pada tujuan pendidikan itu sendiri. Jadi sebenarnya
teknologi pendidikan itu tidak seperti halnya yang kita ketahui tentang
teknologi pada umumnya yang ada kaitannya dengan masalah-masalah permesinan
atau yang lainnya, tetapi dalam masalah teknologi pendidikan itu bisa dikaitkan
dengan sebuah cara atau strategi yang dimiliki seorang guru dalam proses
pembelajaran baik itu menggunakan media yang ada dalam kelas atau ataupun cara
lain agar dalam pembelajaran menjadi mudah diserap oleh para peserta didiknya.
E. Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Produktivitas Pendidikan
Produktivitas dalam
dunia pendidikan berkaitan dengan keseluruhan proses perencanaan, penataan dan
pendayagunaan sumber daya untuk merealisasikan tujuan pendidikan secara efektif
dan efisien. Sejauh mana pencapaian produktivitas pendidikan dapat dilihat dari
out put pendidikan yang berupa prestasi, serta proses pendidikan yang berupa
suasana pendidikan. Prestasi dapat dilihat dari masukan yang merata, jumlah
tamatan yang banyak, mutu tamatan yang tinggi, relevansi yang tinggi dan dari
sisi ekonomi yang berupa penyelenggaraan penghasilan. Sedangkan proses atau
suasana tampak dalam kegairahan belajar, dan semangat kerja yang tinggi serta
kepercayaan dari berbagai pihak.
Satu hal yang perlu
disadari adalah bahawa produktivitas pendidikan harus dimulai dari menata SDM
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Hal kedua adalah bahwa penataan SDM
harus dilaksanakan denagn prinsip efektivitas dan efisiensi karena efektifitas
dan efisiensi adalah kriteria dan ukuran yang mutlak bagi produktivitas
pendidikan.
Sekarang
sekolah negeri maupun swasta mulai berusaha keras untuk mengatur kembali sistem
pendidikan mereka. Banyak program sekolah yang ditawarkan pada masyarakat baik
itu jurusan maupun status sekolah yaitu SSN, unggul, model, internasional,
akselerasi dan sarana prasarananya. Yang jelas perubahan sekolah untuk
menghadapi dunia global harus disiapkan dari unsur SDM yang berkualitas sehingga
mampu berfikir membuat desain pendidikan, memiliki kiat manajemen yang baik dan
tidak gagap terhadap pendidikan.
Jadi
dapat dikatakan bahwa antara inovasi pendidikan dengan teknologi pendidikan
merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Inovasi merupakan okbyek
dan teknologi pendidikan merupakan subyeknya.
Dalam inovasi pendidikan butuh SDM dan peralatan yang menunjang inovasi
pendidikan, sebaliknya SDM dan alat tidak akan berfungsi tanpa digunakan untuk
sasaran/tujuan yang pasti dan bermanfaat dimasa datang.
Dalam
meningkatkan produktivitas pendidikan, Teknologi Pendidikan memiliki peranan
yang sangat penting, diantaranya sebagai berikut:
1. Teknologi Pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung
konstruksi pengetahuan. Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman dan
kepercayaan. Untuk organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan
pelajar.
2. Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk menyelidiki
pengetahuan yang mendukung pelajar. Untuk mengakses informasi yang diperlukan.
Untuk perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia
3. Teknologi pendidikan sebagai media sosial untuk mendukung
pelajaran dengan berbicara. Untuk berkolaborasi dengan orang lain. Untuk
mendiskusikan, berpendapat dan membangun konsensus antara anggota sosial.
4. Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung
pelajar. Untuk membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang mereka
ketahui.
5. Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu
pendidikan/sekolah.
6. Tekonologi pendidikan dapat meningkatkan efektifitas dan
efisiensi proses belajar mengajar.
7. Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan
pendidikan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Teknologi pendidikan diartikan sebagai
media yang lahir dari revolusi teknologi komunikasi yang dapat digunakan untuk
tujuan-tujuan pengajaran disamping guru, buku, ide, peralatan dan organisasi
yang dikaji secara sistematis, logis dan ilmiah.
Teknologi pendidikan itu
bisa dikaitkan dengan sebuah cara atau strategi yang dimiliki seorang guru
dalam proses pembelajaran baik itu menggunakan media yang ada dalam kelas atau
ataupun cara lain agar dalam pembelajaran menjadi mudah diserap oleh para
peserta didiknya.
Peran teknologi
pendidikan Teknologi Pendidikan sangat bermanfaat bagi manusia dalam
pendidikan. Dalam teknologi pendidikan akan melibatkan prosedur, ide, peralatan
dan organisme untuk menganalisis masalah pendidikan, mencari problem solving,
melaksanakan evaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua
aspek pembelajaran dalam pendidikan. Teknologi secara umum mempunyai kegunaan-kegunaan
sebagai berikut :
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalis
(tertulis dan lisan).
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3. Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan variasi
dapat diatasi sikap pasif peserta didik, kurikulum dan materi pendidikan.
B. Saran
Untuk menambah ilmu dan
pengetahuan terkait Teknologi Pendidikan, kita harus aktiv dalam mencari dan
menambah pengetahuan kita, baik melalui buku maupun sumber-sumber lainnya, dan
kita harus mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi untuk mengembangkan
pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.google.com
Miarso, Yusuf Hadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada
0 komentar:
Posting Komentar