skip to main | skip to sidebar

GRABALONG

dalam bahasa samawa, yaitu Gra = cakap, tampan/cantik & Balong = bagus/baik, indah. jadi Grabalong artinya keindahan yang sempurna atau sejati.

  • Entries (RSS)
  • Comments (RSS)
  • Home
  • About Us
  • Archives
  • Contact Us

Rabu, 18 Februari 2015

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM TERPADU SMPIT ASY-SYUKRIYYAH

Diposting oleh Unknown di 19.16 Label: Artikel Makalah

A.    Pendahuluan
Cita-cita kurikulum 2013 yang mengharapkan manusia Indonesia yang berkarakter dan berbudaya, yaitu Sekolah Islam Terpadu. Konsep Sekolah Islam Terpadu adalah adanya pendidikan Islam yang integral pada seluruh aspek mata pelajaran manapun, tidak hanya bertumpu pada mata pelajaran agama dan moral, namun pengembangan sikap dan karakter disispkan pada tiap mata pelajaran. Tujuan utama dari pendidikan Islam terpadu ini adalah menjadikan siswa sebagai insan kamil, baik secara pengetahuan, keterampilan, maupun karakter sebagai seorang muslim.

Berawal dari lima satuan sekolah dasar yang berdiri pada 1993. Kelima sekolah yang menjadi cikal bakal model penyelengaraan SIT itu, yakni SDIT Nurul Fikri Depok, SDIT Al Hikmah Jakarta Selatan, SDIT Iqro Bekasi, SDIT Ummul Quro Bogor, dan SDIT Al Khayrot Jakarta Timur. Sejak saat itu, sekolah Islam terpadu terus bermunculan dan  berkembang. Hingga 2013, jumlah sekolah yang berada dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT)Indonesia mencapai 1.926 unit sekolah. Yakni, terdiri atas  879 unit TK, 723 unit SD, 256 unit SMP, dan 68 unit SMA3.

Seorang peneliti dari  Lee Kuan Yew School of Public Policy, Singapura,mengungkapkan, SIT menolak dikotomi antara pendidikan agama dan sekuler. Peneliti itu menambahkan, SIT berkembang di kota-kota besar dan diminati kalangan menengah ke atas. Para penyelenggara SIT kebanyakan dari kalangan Muslim terdidik yang memiliki tingkat kesadaran Islam yang tinggi. Keberadaan SIT, baik penyebaran maupun pertumbuhannya di Indonesia, sangat dipengaruhi keberadaan JSIT Indonesia.

Dan akhirnya semua pertanyaan dan rumus yang coba disusun sebagai model pendidikan nasional, ternyata mampu disajikan dalam satu konsep pendidikan integral, serta mampu menjawab kebutuhan bangsa pada hari ini yang miskin karakter. Konsep Sekolah Islam Terpadu juga merupakan jawaban bahwa pendidikan Islam merupakan metode paling tepat dalam menhasilkan generasi-generasi unggul, kompetitif dan pemimpin di masa depan.

Terlepas dari berbagai hal diatas pendidikana islam terpadu juga tidak terlepas dari masalah-masalah dalam penyelenggaraannya. Untuk itu saya melakukan observasi langsung ke Sekolah Islam Terpadu yang ada dilingkungan saya.

B.     Pembahasan
1.      Pengertian Sekolah Islam Terpadu
Sekolah islam terpadu pada hakekatnya adalah sekolah yang meng implementasikan konsep pendidikan islam berlandaskan Al-Qur’an dan As Sunnah. Dalam aplikasinya sekolah islam terpadu diartikan sebgai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan  dengan memadukan  pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Sekolah islam terpadu juga menekankan  keterpaduan dalam metode pembelajaran  sehingga dapat mengoptilmalkan ranah kognitif, afektif dan konatif. Sekolah islam terpadu juga memadukan  pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasaddiyah.  Dalam penyelenggaraannya  memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif  lingkungan belajar yaitu sekolah, rumah dan masyarakat.

Dengan sejumlah pengertian diatas dapatlah ditarik suatu pengetian umum yang komprehensif bahwa sekolah  islam terpadu adalah sekolah islam  yang diselenggarakan dengan memadukan  secara integrative  nilai dan ajaran islam  dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang  efektif  dan pelibatan  yang optimal  dan koperatif   antara guru dan orang tua, serta masyarakat  untuk membina karakter dan kompetisi murid.

Sekolah Islam Terpadu yang muncul sebagai alternatif solusi dari keresahan sebagian masyarakat muslim yang menginginkan  adanya sebuah institusi pendidikan islam yang berkomitmen mengamalkan  nilai-nilai islam  dalam sistemnya, dan bertujuan agar siswanya mempunyai kompetensi seimbang antara ilmu kauniayah dengan ilmu qauliyah, antara fikriyah, Ruhiyyah dan Jasadiyyah, sehingga mampu  melahirkan generasi muda muslim yang berilmu, berwawasan luas dan bermanfat bagi ummat.  Dengan tujuan menciptakan siswa yang memiliki  kecerdasan  Intelektual (Intelegen Quotient/IQ), Kecerdasan Emosional ( Emotional Quotient/EQ) dan kecerdasan Spritual (Spritual Quotient/SQ) yang tinggi serta  kemampuan beramal (kerja) yang ihsan.

2.      SMPIT Asy-Syukriyyah
a.       Profil sekolah
Nama lembaga      : Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Asy-Sukriyyah
Dalam membangun peradaban dan budaya bangsa, pendidikan punya peran yang sangat dominan dan strategis. Karena dari hasil dan buah pendidikan akan lahir sosok generasi idaman yang akan mewujudkan cita-cita luhur bangsa. Hanya generasi imamul muttaqien yang akan melanjutkan ide-ide kreatif dan kerja-kerja inovatif dalam upaya menyelamatkan bangsa dari keterpurukan serta mengantarkannya menjadi bangsa yang modern, maju, berjaya dan menjadi pelopor peradaban dunia.

Sosok generasi yang diharapkan disamping cerdas secara intelektual dia harus unggul secara kepribadian dan matang secara mental. Oleh karena itu pendidikan yang mampu menjawab kebutuhan bangsa ini adalah pendidikan yang mamapu menanamkan karakter, menggali potensi dan menciptakan peluang prestasi bagi peserta didiknya. Sehingga siapapun dengan potensinya akan menjadi pemenang pada masanya dan dalam bidang keahliannya.

SMPIT Asy-Syukriyyah sebagai sekolah Islam dengan sistem pembinaan terpadu yang didukung oleh guru dan staf berpengalaman dan dapat menjadi model serta lingkungan islami, berupaya agar peserta didik yang diamanahkan dapat berkembang secara maksimal sehingga mereka akan menjadi insan-insan sukses yang dapat membangun peradaban bangsa dan masyarakat.
Alamat                  : Jln KH Hasyim ashari Km 3 Poris Plawad Indah Cipondoh Kota Tangerang
Visi                        : Terwujudnya Model Sekolah Islam Berstandar Nasional Berwawasan Global
Misi                       :
a)      Membangun sistem menajemen dan kepemimpinan yang kuat untuk mencapai sekolah standar nasional berwawasan global yang dipadukan dengan nilai-nilai keislaman, serta memperhatikan aspek kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas.
b)      Mengoptimalkan seluruh potensi fisik, intelektual, spiritual dan emosional siswa sehingga berkembang menjadi manusia yang sanggup menyelesaikan persoalan diri sendiri, umat dan bangsa.
c)      Menciptakan standar isi dan proses pembelajaran yang terpadau dengan nilai-nilai keislaman.
d)     Menciptakan, melaksanakan dan mengembangkan sistem evaluasi manajemen sekolah dalam proses pembelajaran, kenerja guru dan staf, kegiatan keagamaan, dan seluruh perencanaan program sekolah.
e)      Mewujudwan guru dan staf yang islami dan profesional yang menjadi teladan dalam menjalankan tugasnya.
f)       Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung efektifitas pembelajaran.

3.      Program Pengembangan Kurikulum
a.       Moving Class; Siswa berpindah kelas sesuai dengan karakter bidang study sehingga suasana kelas lebih bervariasi dan KBM lebih dinamis.
b.      Native Speaker; Pembelajaran bahasa asing dengan mendatangkan guest teacher setiap bulan, anak dapat berkomunikasi langsung dengan native.
c.       English Contes; Ajang penampilan siswa dalam bahasa Inggris per teiwulan, dapat berupa sing asong, story telling, puisi, bermain peran, dll.
d.      Miss/Mister Language; Pemilihan master bahasa di akhir tahun pelajaran.
e.       Home Stay; Penelitian untuk kelas 9 dengan tujuan menciptakan produk dan menyusun karya ilmiah.
f.       Penelitian Terpadu; Peneltian untuk kelas 7 dan 8 dengan tema kelompok bidang study tertentu.
g.      Sertifikasi Al-Qur'an; Ujian kelulusan tahfidz Al Quran.
h.      Education Expo; Pameran pendidikan diakhir tahun pelajaran.
i.        Olimpiade MIPA; Lomba kejuaraan MIPA.
j.        Olimpiade Al Quran; Lomba kejuaran Al Quran yang meliputi; tsaqofah qurani, tajwid, tilawah dan tahfidz.
k.      Jam'iyyatul Huffadz wal Qurro (JHQ); Pembinaan halaqoh Al Quran setiap pekan.
l.        Program Pengabdian Masyarakat (PPM); Tugas pengabdian masyarakat tentang pembinaan baca/tulis Al Quran di TPA sekitar.
m.    Siswa Prestasi; Pemilihan siswa yang memiliki prestasi akademik tertinggi.

4.      Sarana Prasarana
a.       Gedung milik sendiri
b.      Ruang kelas ber AC
c.       Lab. Komputer dilengkapi internet
d.      Ruang kelas B. Inggris, IPA, IPS dan lab. komputer dilengkapi LCD
e.       Perpustakaan

C.     Problematika Pendidikan Islam Terpadu di SMPIT Asy-Syukriyyah

Berdasarkan hasil observasi langsung ke lokasi dan wawancara terhadap pihak-pihak terkait selama kurang lebih 1 minggu, maka masalah-masalah yang ditemukan adalah sebagai berikut:

1.      Uang sekolah yang cukup mahal sehingga sekolah tersebut hanya mampu diisi oleh kebanyakan oleh orang-orang kaya. Ini ditandai dari uang angsuran spp mencapai Rp. 700.000/bulan.
2.      Sarana prasarana lengkap akan tetapi menjadikan lingkungan sempit karena tergabung dalam komplek Islamic School Asy-Syukriyyah dimana ada tujuh lembaga Pendidikan yaitu dari TK & Playgroup, SDIT, MI Plus, SMPIT, MTS, SMA dan STAI. ini ditandai dengan lahan parker yang tidak lagi mencukupi akibatnya lapangan utama dijadiin parkiran.
3.      Kurikulum yang dianggap memberatkan guru terlebih siswa. Ini ditandai dengan lemburnya wali kelas apabila akan menghadapi pembagian rapor. Disamping itu sosialisasi K13 juga masih kurang.
4.      Buku kurikulum 2013 yang masih kurang.
5.      Wali murid sering mengeluhkan jam pulang anak.
6.      Menimbulkan kemacetan yang cukup saat masuk dan pulang sekolah.

D.    Referency
Nara sumber Ust. Beni Ardiansyah
Guru SMPIT Asy-Syukriyyah
http://sangkidjangberlari.blogspot.com/2014/03/sekolah-islam-terpadu-solusi-atasi.html
http://www.asy-syukriyyah.or.id/
http://www.smpit-asysyukriyyah.sch.id/



Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Sponsored

  • banners
  • banners
  • banners
  • banners

Labels

  • Artikel Makalah (9)
  • Filsafat Pendidikan Islam (1)
  • hadist tarbawy (1)
  • Komputer (1)
  • Makalah (13)
  • manajemen pendidikan (1)
  • Pengembangan & Inovasi Kurikulum (1)
  • Perbandingan Mazhab (1)
  • Perencanaan Pembelajaran PAI (1)
  • Picture (1)
  • PPMDI (1)
  • Psikologi Pembelajaran & Perkembangan (1)
  • Puisi (7)
  • tafsir tarbawy (2)
  • Teknologi Pendidikan (1)
  • Tips & Trik (1)
  • Ushul Fiqh (1)
  • Video (2)

Blog Archive

  • ►  2018 (1)
    • ►  November (1)
  • ►  2016 (1)
    • ►  Juli (1)
  • ▼  2015 (21)
    • ►  Mei (4)
    • ►  Maret (3)
    • ▼  Februari (14)
      • mengingatmu bidadari
      • Tips Menghindari Kejahatan Begal Motor
      • PENTINGNYA TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • MADZHAB SHAHABI, SYAR’U MAN QABLANA, & SADD AL-ZAR...
      • MOTIVASI DALAM BELAJAR
      • PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013
      • KESAKSIAN DALAM AKAD NIKAH
      • PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN TENTANG SISTEM PENDIDIK...
      • Domain Teknologi Pendidikan
      • PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM TERPADU SMPIT ASY-SY...
      • STRATEGI, METODE DAN TEHNIK PEMBELAJARAN PAI
      • PENGGGUNAAN MEDIA SIMBOL BELAJAR
      • STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING, PROBLEM BA...
      • TES SEBAGAI ALAT EVALUASI
  • ►  2014 (2)
    • ►  Januari (2)
  • ►  2013 (9)
    • ►  April (1)
    • ►  Januari (8)
  • ►  2012 (2)
    • ►  Desember (2)

Followers

Pages

  • Beranda
  • Tugas-tugasku
  • News
  • Laguku
Wawan Firmana. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

  • Kandungan QS. Ar Rahman Ayat 33 tentang Pendidikan (Teknologi)
    BAB I PENDAHULUAN Latar belakang Memperhatikan ralita keterpurukan  kaum muslimin dewasa ini, kami mencoba mengupas ayat ilmu pe...
  • Domain Teknologi Pendidikan
    1. Pengertian Domain atau kawasan teknologi pendidikan Secara etimologis, domain berarti kawasan, wilayah/daerah kekuasaan atau bidang k...
  • MADZHAB SHAHABI, SYAR’U MAN QABLANA, & SADD AL-ZARI’AH
    BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Berdasarkan telah ditetapkan bahwa dalil syar’i yang dijadikan dasar pengambilan hukum yang b...
  • Analisis Kritis Masalah Tawuran Pelajar di Tinjau Dari Filsafat
    oleh : Wawan Firmana BAB I PENDAHULUAN A.    LATAR BELAKANG Tawuran pelajar. Kata-kata ini sudah ada sejak dulu kala hingga ki...
  • “AYAT-AYAT TENTANG METODE PENDIDIKAN YANG TEPAT”
    BAB I PENDAHULUAN A.     LATAR BELAKANG Islam adalah agama yang sempurna. Kesempurnaan Islam dapat dilihat dari Al Qur’an yang meru...
  • Fiqh Wudhu dan Sholat
    A.    Latar Belakang Shalat adalah amalan yang pertama akan dihisab pada hari kiamat. Apabila baik shalatnya, maka dianggaplah baik ke...
  • PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI
    BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Kalau kita perhatikan kenyataan dalam dunia pendidikan akan kita ketahui, bahwa dalam setiap jeni...
  • Sejarah Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Mamluk
    Oleh: Wawan Firmana BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Dalam sejarah peradaban Islam setelah masa pemerintahan khulafour-rasi...
  • MANUSIA DAN KEBUTUHAN DOKTRIN AGAMA*
    BAB 1 PENDAHULUAN A.Latar Belakang Manusia sebagai makhluk paling sempurna di antara makhluk-makhluk lain mampu mewujudkan segal...
  • STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING, PROBLEM BASED LEARNING & BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA
    BAB I PENDAHULUAN A.     LATAR BELAKANG Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 dijelaskan bahwa: “Pendidik...

leader of achievement

Unknown
Lihat profil lengkapku

Labels

  • Artikel Makalah (9)
  • Filsafat Pendidikan Islam (1)
  • hadist tarbawy (1)
  • Komputer (1)
  • Makalah (13)
  • manajemen pendidikan (1)
  • Pengembangan & Inovasi Kurikulum (1)
  • Perbandingan Mazhab (1)
  • Perencanaan Pembelajaran PAI (1)
  • Picture (1)
  • PPMDI (1)
  • Psikologi Pembelajaran & Perkembangan (1)
  • Puisi (7)
  • tafsir tarbawy (2)
  • Teknologi Pendidikan (1)
  • Tips & Trik (1)
  • Ushul Fiqh (1)
  • Video (2)

About

SEBUAH BLOG UNTUK BERKARYA DAN BERKREASI SERTA BERBAGI. PENYUSUN, PENYUNTING, PENULIS ADALAH SEORANG MAHASISWA SEMESTER VI FAKULTAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAI BINAMADANI.

Arsip Blog

  • ►  2018 (1)
    • ►  November (1)
  • ►  2016 (1)
    • ►  Juli (1)
  • ▼  2015 (21)
    • ►  Mei (4)
    • ►  Maret (3)
    • ▼  Februari (14)
      • mengingatmu bidadari
      • Tips Menghindari Kejahatan Begal Motor
      • PENTINGNYA TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • MADZHAB SHAHABI, SYAR’U MAN QABLANA, & SADD AL-ZAR...
      • MOTIVASI DALAM BELAJAR
      • PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013
      • KESAKSIAN DALAM AKAD NIKAH
      • PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN TENTANG SISTEM PENDIDIK...
      • Domain Teknologi Pendidikan
      • PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM TERPADU SMPIT ASY-SY...
      • STRATEGI, METODE DAN TEHNIK PEMBELAJARAN PAI
      • PENGGGUNAAN MEDIA SIMBOL BELAJAR
      • STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING, PROBLEM BA...
      • TES SEBAGAI ALAT EVALUASI
  • ►  2014 (2)
    • ►  Januari (2)
  • ►  2013 (9)
    • ►  April (1)
    • ►  Januari (8)
  • ►  2012 (2)
    • ►  Desember (2)

Yahoo.com

www.yahoo.com

Blogroll

STAI BINAMADANI

KAMPUS PEDULI UMAT

PATANG MENYERAH

TERUS BERUSAHA
 

© 2010 My Web Blog
designed by DT Website Templates | Bloggerized by Agus Ramadhani | Zoomtemplate.com